banner
Muller admin
|
12-19-2022 12:34

Tekan Emisi Gas Rumah Kaca, KLHK Jalin Kerja Sama dengan Singapura

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengapresiasi dukungan Temasek Foundation dalam implementasi FOLU Net Sink 2030, khususnya di Sumatra Selatan. “Kerja sama dengan Temasek Foundation akan menjadi bagian dari tekad Indonesia untuk menjadi role model dan mendukung pencapaian komitmen iklim global dan nasional Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (15/12/2022).

Strategi FOLU Net Sink 2030 Indonesia telah mendapat perhatian global dan berbagai mitra internasional seperti Amerika Serikat serta Inggris yang menyatakan dukungannya. MoU antara KLHK dan Temasek Foundation merupakan kerja sama pertama KLHK dengan yayasan internasional yang dapat melengkapi upaya implementasi pelaksanaan rencana operasional FOLU Net Sink 2030 Indonesia.

Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030 yang ditetapkan pada 24 Februari 2022, menyiratkan berbagai langkah kebijakan, dan implementasi terkait kehutanan dilakukan; sehingga pada 2030 emisi karbon menjadi netral, dan penyerapan/penyimpanan karbon alam akan lebih besar daripada emisi karbon sektor kehutanan.

Sektor FOLU, yang berkontribusi terhadap 60 persen target pengurangan emisi Indonesia, akan mencapai penyerapan karbon bersih pada 2030. Pasca 2030 sektor FOLU ditargetkan sudah dapat menyerap Gas Rumah Kaca (GRK) bersamaan dengan kegiatan penurunan emisi GRK dari aktivitas transisi energi atau dekarbonisasi serta kegiatan eksplorasi sektor lainnya, tidak terkecuali sektor pertanian, untuk mencapai netral karbon/net-zero emission pada 2060 atau lebih cepat.

Melalui MoU tersebut, maka kedua pihak sepakat kerja sama dalam inovasi percontohan dan model berkelanjutan dalam upaya melindungi, memulihkan, dan/atau mengelola ekosistem pesisir dan darat, mengelola secara berkelanjutan, merestorasi lahan terdegradasi, memitigasi emisi GRK, dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat, melakukan mitigasi dan adaptasi cuaca ekstrim, dan untuk mendukung pengelolaan sampah.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain adalah proyek bersama, pertukaran pengetahuan dan informasi yang menjadi kepentingan bersama, promosi hasil kerja sama di forum internasional, dan bentuk kegiatan lain yang akan disepakati bersama.

“Kerja sama dengan Temasek Foundation menyiratkan keterbukaan KLHK menerima dukungan dari berbagai pihak, termasuk swasta dan lembaga non pemerintah, dalam upaya pengimplementasian dan pencapaian target-target FOLU Net Sink 2030 Indonesia,” pungkas Menteri KLHK.

(Sumber: Republika https://bit.ly/3HGRHpq)